Kurikulum Sekolah
A. Kerangka Dasar Kurikulum
Kerangka dasar kurikulum adalah rambu-rambu yang ditetapkan dalam peraturan pemerintah untuk dijadikan pedoman dalam penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan silabusnya pada setiap satuan pendidikan.
Kurikulum yang dikembangkan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Hikmah 2 Benda adalah mengembangkan keseimbangan ketercapaian antara pengembangan sikap spiritual, sosial, rasa ingin tahu, kreativitas, kerja sama, dengan kemampuan intelektual (Kognitif) dan ketrampilan (psikomotorik).
B.Struktur Kurikulum
Struktur kurikulum madrasah merupakan pengorganisasian kompetensi inti, mata pelajaran, beban belajar, kompetensi dasar, dan muatan pembelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.
1.Struktur Kurikulum
a. Kurikulum MTs Al Hikmah 2 mencakup 3 (tiga) kelompok, yaitu:
kelompok A meliputi : 1. Qur’an Hadits, 2. Aqidah Akhlak, 3. Fiqih, 4. SKI, 5. Bahasa Arab, 6. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), 7. Bahasa Indonesia, 8. Matematika, 9. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), 10. Ilmu Pengetahuan social (IPS), 11. Bahasa Inggirs.
Kelompok B meliputi : 1. Seni Budaya/Bahasa Daerah, 2. Pendidikan Jasmani, olah raga dan kesehatan, 3. Prakarya/Ketrampilan.
Kelompok C kepesantrenan meliputi: 1. Al Qur’an/Tajwid, 2. Hadits, 3. Tauhid, 4. Fiqih, 5. Nahwu, 6. Shorof, 7. Ke-Nu-an, 8. Akhlaq.
b. Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum.
c. Alokasi waktu tatap muka satu jam pelajaran adalah 40 menit
d. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 34 – 38 Minggu
2. Kurikulum Pesantren meliputi:
1.Al Qur’an/Tajwid
a. Kelas VII menggunakan Al Qur.aan juz Amma dan tajwidnya menggunakan
Kitab Tuhfatul Atfal
b. Kelas VIII menggunakan Kitab Hidayatul Mustafid
c. Kelas IX menerapkan Al Qur ’an Binnadhor
Tujuan :
a.Siswa dapat menulis dan membaca Al Qur’an dengan baik dan benar
b. Siswa dapat menghafal Al Qur’an juz amma dengan baik dan benar
c. Siswa dapat menghafal Tuhfatul Atfal
d. Siswa dapat memahami, menghayati dan menerapkan isi Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari
2. Hadits
a. Kelas VII menggunakan Kitab Arbain Nawawi
b. Kelas VII dan VIII menggunakan Kitab Bulughul Maram
Tujuan :
a.Siswa memahami dan mengetahui hadits tentang Islam, iman dan ikhsan
b. Siswa memahami istilah hadits sperti sanad, matan dan rowi hadits
c. Siswa dapat mengamalkan isi hadits dalam kehidupan sehari-hari
d. Siswa dapat menghafal hadits-hadits tertentu tentang Islam, iman dan ikhsan
3. Tauhid
a. Kelas VII menggunakan Kitab Aqidatul Awwam
b. Kelas VIII dan IX menggunakan kitab Jawahirul Kalamiyah
Tujuan :
a.Menanamkan dasar-dasar ketauhidan pada siswa
b. Siswa dapat memahami tentang sifat-sifat Allah, Malaikat, Nabi dan sifat alam yang lain
c. Harapan lulusan siswa memiliki kualitas iman yang kuat
4. Fiqih
a.Kelas VII, VIII, dan IX menggunakan kitab Taqrib
Tujuan :
a.Siswa dapat mememahmi dasar-dasar hukum Islam tentang ibadah yang benar
b. Siswa dapat menghayati dan mengamalkan hukum Islam dalam kehidupan sehari
hari secara benar
5. Nahwu dan Shorof (ilmu alat)
a.Kelas VII menggunakan Kitab Jurmiyyah
b. Kelas VII, dan IX menggunakan Kitab Imrithi
Tujuan :
a.Siswa dapat mengenal, memahami susunan tata bahasa Arab yang baik dan benar
b. Siswa dapat membaca kitab kuning dan mengetahui alasannya dengan baik dan benar
c. Siswa dapat berkomunikasi dengan bahasa Arab yang benar sesuai koidah nahwu,dan
shorof
6. Ke-Nu-an
a.Kelas VII,VIII, dan IX
Tujuan :
a.Siswa dapat mengenal dan memahami sejarah kelahiran NU, struktur kepengurusan, anggaran dasar, dan program NU
b. Menanamkan ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah dalam kehidupan sehari-hari
c. Siswa menjadi generasi nahdhiyin yang kuat dan berkualitas dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
7. Akhlaq
a.Kelas IX
Tujuan :
a.Membimbing siswa untuk mengenal, mengetahui etika, moral, akhlak yang baik
b. Membimbing siswa memiliki karakter yang baik
c. Membiasakan siswa berprilaku yang baik dalam kehidupan, baik di lingkungan sekolah, keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara.
d. Akhirnya siswa bisa menjadi teladan (uswatun khasanah) dalam kehidupan
C. Pengembangan Diri
Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan dan peluang kepada peserta didik (siswa) untuk menyalurkan, mengembangkan dan mengekpresikan diri sesuai dengan minat, bakat, potensi setiap peserta didik (siswa) sesuai dengan kondisi sekolah.
Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran. Penilaian kegiatan pengembangan diri dilakukan secara kualitatif, meliputi kegiatan, yaitu : kegiatan rutin, kegiatan spontan, kegiatan keteladanan, dan kegiatan terprogram (kegiatan Ekstra kurikuler)
Pengembangan diri di sekolah/madrasah meliputi :
1.Kegiatan Program spesifikasi, antara lain :
a. Spesifikasi Bahasa Arab
b. Spesifikasi Bahasa Inggris
c. Spesifikasi Matematika
d. Spesifikasi Komputer
2. Kegiatan Ekstra kurikuler, antara lain :
a. Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)
b. Kegiatan Kepramukaan
c. Kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)
d. Kegiatan Palang Merah Remaja (PMR)
e. Kegiatan olah raga dan seni
f. Kegiatan Keagamaan
g. Kegiatan jurnalistik dan kesekretariatan
3. Kegiatan Bimbingan Konseling (BK)